5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Ibu Muda

oleh -3 Dilihat

Tidur adalah kegiatan Rutin setiap manusia terutama pada malam hari. Tidur sendiri disarankan harus lebih dari 7 jam setidaknya 8 jam. karena dengan tidur dapat mengembalikan stamina yang telah terkuras habis setelah beraktivitas seharian. Malam sendiri adalah waktu yang tepat untuk beristirahat untuk memulihkan badan agar ketika bangun kembali segar dan tenaga sudah terkumpul kembal seperti sedia kala.

Tidur ternyata tidak hanya dilakukan pada malam hari tetapi pada siang hari juga dapat di lakukan ini pasti sudah pada tahu namun apakah juga mengetahui ternyata tidur siang memiliki beberapa manfaat baik untuk kesehatan manusia. Sahabat Katashare.com yang Setia apa sajakah mandfaatnya berikut adalah ulanan tentang tidur siang yang bermanfaat.

5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Anda

1. Meningkatkan daya Otak – Hal pertama yang didapat ketika tidur siang adalah meningkatkan daya otak sebuah penelitian pada tahun 2008 Melakukan tidur siang selama 45 menit ternyata dapat meningkatkan daya Otak Manusia.

  • Mengembalikan energi: Tidur siang membantu meningkatkan kadar gula darah yang berarti menyediakan energi yang Anda butuhkan untuk menjalankan tugas harian dan melalui hari dengan lebih mudah.
  • Memperbaiki konsentrasi dan fokus: Dengan perilaku tidur meningkat atau diperbarui, Anda akan tetap fokus, lebih tajam dan lebih produktif sepanjang hari.
  • Meningkatkan kreatifitas: Tidur siang akan memberi Anda boost of energy dan poin baru pandangan agar Anda terinspirasi oleh ide-ide baru, deskripsi cerita yang hidup dan konsep lainnya.
  • Meningkatkan jumlah daya ingat: Saat Anda tidur siang, otak beristirahat sehingga daya ingat dipoles secara alami tanpa perlu kekuatan usaha extra dari pikiran Anda.

2. Menurunkan Tingkat Stres – Hal kedua yang harus di ketahui tentang manfaat tidur siiang adalah dapat menurunkan tingkat stres. Terutama bagi anda yang kurang tidur atau kurang lelap saat istirahat pada malam hari. Dengan tidur siang tingkatan Hormon stres akan berkurang.

  • Pastikan Anda memulai hari dengan waktu yang cukup. Berjaga lebih awal dan istirahat lebih banyak daripada biasanya di malam hari jika perlu.
  • Bandingkan tarif untuk Tidur Siang sebentar sebelumnya. Setelah Anda memastikan jam tidur, bangunkan diri Anda 15 menit lebih awal untuk memberikan waktu “cepat” setiap hari. Ini akan memicu mode tidur siang Anda dengan cepat dan efisien.
  • Buat daftar pendek untuk tugas harian, dan pastikan untuk menyelesaikannya sebelum tidur siang Anda dimulai. Jika ada banyak hal penting yang harus diselesaikan, pastikan untuk menyimpan beberapa urutan konsentrasi pada hal-hal tersebut sebelum melompati ke entri lainnya.
  • Cobalah berlatih relaksasi: ketika mulai merasa stres, berlatih teknik relaksasi salah satu cara bijaksana untuk membuat stress hilang dengan alami dan efektif juga ialah dengan Yoga, atau induksi kedalaman relaksasi progresif atau visualisasi progresif dan teknik meditasi lainnya.
  • Gunakan ruangan yg tenang – dalam ruangan tanpa distorsi suara saat beristirahat sehingga tubuh Anda akan merespon positif dengan mudah setelah anda tahan coba stres tersebut.

3. Meningkatkan Produkvitas Kerja – Manfaat tidur siang ketiga adalah meningkatkan Produktivitas kerja anda. Maka sebaiknya jika anda lesu dan lelah berfikir karena aktivitas kerja tidur sianglah untuk meningkatkan kembali Produktivitas kerja anda yang berkurang.

  • Memperbaharui energi: Tidur siang efektif dapat digunakan untuk membantu tubuh memperbaharui dan meregenerasi energi yang hilang akibat aktivitas tinggi sebelumnya, memungkingkan Anda lebih produktif pada saat bekerja nanti.
  • Meningkatkan konsentrasi: Jika Anda merasa mudah terganggu atau lesu, maka tidur siang dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas konsentrasi di tempat kerja. Proses ini adalah cara yang cepat dan efektif untuk mengembalikan fokus dan menggali daya tahan selama berjam-jam semakin lama berkerja.
  • Mengurangi stres: Tidur siang dapat menolong Anda tenang dan santai setelah hari yang panjang, meredam rasa stres akibat pekerjaan susah dan tugas-tugas rumit. Dengan adanya tantangan lebih sedikit, Anda bisa lebih produktif di jam kerja.
  • Membangkitkan energi: Konsumsi makanan bagus memberikan Anda lebih banyak energi selama jam-jam kerja berikutnya.. Makanlah seporsi makanan ringan sebelum istirahat tidur singkat agar tubuh tetap bugar tanpa harus perlu jeda pada waktu-waktu kerja yg singkat untuk makan

4. Menghilangkan Insomnia – Insomnia atau kurang tidur akan hilang jika anda melakukan istirahat atau tidur siang hari. Penelitian pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa orang yang tidur siang akan menghilangkan insomnia karena memiliki waktu istirahat yang panjang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala insomnia. Salah satunya adalah dengan melakukan tidur siang yang teratur dan berkepanjangan. Tidur siang dapat membantu menyeimbangkan denyut nadi sepanjang hari, meningkatkan rasa kantuk di malam hari, dan mengurangi kelelahan. Oleh karena itu, tidur siang juga sering disarankan sebagai bagian dari program perawatan untuk penderita insomnia. Manfaat lain dari tidur siang antara lain:

• Memperkaya konsentrasi, tingkat konsentrasi akan bertambah setelah melakukan tidur siang yaitu 40%.
• Meningkatkan produktivitas dengan turunnya tingkat stres.
• Melawan depresi dan stres orang dewasa dan anak-anak dengan rasa aman lebih tinggi
• Mengidentifikasi masalah-masalah tidur masing-masing orang
• Merangsang peredaran darah dan produksi oksigen di otak
• Merileksasi tubuh dengan lebih cepat
Ketika Anda berniat melakukan tidur siang, waktu yang direkomendasikan saatnya antara jam 1 PM sampai 3 PM, atau 20 – 30 menit cukup baik jika tujuannya hanya istirahat sejenak. Jika Anda merasanya sangat letih dan mudah tertidur di mana pun Anda berada, itu adalah pertanda bahwa Anda benar-benar butuh istirahat. Pastikan untuk bangun sebelum kegelapan turun subtansial (mulai jam 5 sore), agar tidur malam tetap teratur.

5. Mencegah Penyakit Jantung – Terakhir adalah jika melakukan tidur siang dapat mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian di yunani menunjukkan orang yang tidur siang antara 20-45 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. Namun jika terlalu lama tidur mlebihi waktu yang di tentukan akan membuat kepala berat atau sakit.

  • Pastikan bahwa Anda mendapatkan cukup waktu tidur malam yang nyaman, sekitar 8 jam. Ini bisa membantu dalam mengatur kadar hormon melatonin dan cortisol, yang mencegah stres.
  • Disarankan untuk menghindari tidur siang atau istirahat yang lebih dari 1 jam jika Anda ingin mencegah sakit jantung. Jangan lupa untuk bangun setiap hari pada waktu yang sama dan membuat rutinitas tidur yang teratur agar tidur Anda terawat dengan baik.
  • Hindari minuman karbonasi dan minuman beralkohol sebelum tidur siang atau di malam hari, karena ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Pigmen merah gabus (MSG), garam natrium tinggi dan makanan proses akan merusak puncak metabolisme tubuh Anda juga dianjurkan untuk menghindarinya.
  • Olahraga secara teratur untuk membangun kekuatan otot dan stamina Anda, sehingga meminimalkan risiko penyakit jantung. Pilih olahraga ringan hanya 30-40 menit perhari 3-4 kali seminggu adalah cukup baik bagi kesehatan jantung Anda .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *